Ojo Rumongso Biso, Biso’o Rumongso

Jumat, 18 Januari 2008, UNAIR BHMN telah melantik Wakil Rektor III, Soetjipto, menggantikan Sunarko yang telah satu tahun menjabat. Ini berselang dua hari dari pencopotan Sekretaris Universitas, Latief Burhan, yang baru satu tahun menjabat di UNAIR BHMN. Sosok yang kalem ini, sebelumnya menjabat sebagai Ketua Pusat Penjaminan Mutu, yang sekarang digantikan Unggul Heriqbaldi – dosen Fakultas Ekonomi UNAIR. Yang sebelumnya Sekretaris Pusat Penjaminan Mutu Unair.

Siapa sosok Soetjipto ini? Dan apa langkah yang akan diambil untuk menginternasionalisasikan UNAIR BHMN menuju center of excellence?
Di sela-sela kesibukannya sebagai pejabat baru, reporter DinamIka berhasil menemui Guru Besar Fakultas Kedokteran UNAIR, yang mendalami bidang Biokimia ini. Sebelum menjabat sebagai Warek III, bapak dua putri(dokter gigi dan dokter) baru-baru ini telah malang melintang sebagai ketua tim yang menyiapkan portofolio akreditasi UNAIR BHMN bersama rekan – Dr. Imam Mustofa drh., M.Kes, yang sekarang menjabat Sekretaris Universitas, dan Prof. Achmad Syahrani, dekan Fakultas Farmasi. Bagi Soetjipto, akreditasi ini sangat penting karena bisa merefleksikan kualitas universitas itu sendiri. Selain itu, akreditasi ini juga berfungsi menanamkan trust pada stakeholder – dalam hal ini orang tua yang akan menyekolahkan anaknya – untuk memilih UNAIR BHMN sebagai universitas pilihan terbaik.


Peran Warek III, bagi ketua Direktorat Basic Research & Tropical Disease Center UNAIR ini, tidak jauh dari tugas beliau sebelumnya yaitu menyiapkan UNAIR BHMN menuju world-class university dengan merealisasikan program pimpinan, khususnya yang berhubungan dengan kerjasama dengan beberapa instansi baik swasta maupun pemerintah, baik domestik ataupun luar negeri. Dalam bidang partnership, dosen Fakultas Kedokteran ini tergolong piawai terbukti dari adanya hubungan yang masih terjalin baik sampai saat ini dengan Kobe University, Jepang – tempat beliau menempuh S3. “Kuncinya, semua dimulai dari hubungan personal. Prof. Hak Hotta selaku Chairman, International Center for Medical Reseach and Treadment, Kobe University, Jepang.
sampai saat ini masih berhubungan baik dengan saya, dan ini bisa menjadi potensi bagi UNAIR ke depannya untuk mengembangkan kerjasama yang nantinya bisa mendukung UNAIR mendapatkan akreditasi internasional”, jelas mantan Sekretaris Jurusan Ilmu Kedokteran Umum ini.

Sebagai Wakil Rektor III untuk dua tahun kedepan (2010), target yang ingin direalisasikan adalah merealisasikan program universitas dan melanjutkan agenda kerja Warek III sebelumnya, misalnya pengembangan kerjasama, membangun networking, dan pengembangan system informasi.”Kesuksesan dari tercapainya target ini tidak akan lepas dari kerjasama dan koordinasi dari semua pihak”, papar dosen FK yang mengangkat Hepatitis C sebagai disertasinya ini.

UNAIR BHMN selalu berupaya mendongkrak kualitas lulusan agar diakui secara internasional, dan mempertahankan kepercayaan masyarakat. Cita-cita ini tak luput dari peran Warek III, dalam usahanya untuk menapak internasionalisasi dan mencapai target, Soetjipto fokus pada tiga hal yang paling penting dalam agenda kerjanya. pertama Meningkatkan kerjasama Institusional denangan pihak luar maupun dalam negeri untuk recognition dan image building unair, yang kedua membangun sistim informasi yang handal sehingga dapat digunakan oleh pimpinan dalam mengambil keputusan dan bermanfaat bagi stake holder dan yang ketiga bersama-sama dengan unsur pimpinan yang lain merancang perkembangan unair kedepan.

“Sekali lagi, tanpa kerjasama, koordinasi, dan bantuan dari rekan-rekan, kesuksesan tidak akan tercapai,” tegas Soetjipto. Dengan falsafah “Ojo rumongso biso, biso’o rumongso” , mantan Ketua Program Studi Kedokteran Dasar program pasca sarjana unair ini mohon doa restu semua pihak agar mampu mengemban tugas dan memberikan sumbangsih terbaik untuk UNAIR BHMN.

 

Dinamika Unair

Search

Alumni berprestasi

Ayu “Pengajar Muda” Sambang Kampus

 

Ayu Kartika Dewi, Pengajar Muda, yang direkrut Indonesia Mengajar pimpinan Anies Baswedan angkatan pertama bertugas di Halmahera Selatan sambaing kampus Universitas Airlangga. Jumat, 6 Mei 2011, bertempat di Perpustakaan kampus B, Ayu berbagi pengalaman yang dikemas dalam bentuk story telling dengan siswa SMA di wilayah Surabaya dan mahasiswa Universitas Airlangga.

Read more...

Whois online

We have 84 guests and no members online