Berita Ikaunair

JIWA YANG FITRI SUCI DARI KORUPSI

 

Idul Fitri 1432 H sebagai hari kemenangan karena umat muslim dalam sebulan penuh telah mengalahkan nafsu amarah, nafsu lawamah, dan nafsu supiah. Ketiga nafsu tersebut selalu mengajak manusia kepada jalan yang tidak baik yaitu jalannya orang-orang yang sesat dan dimurkai Allah SWT atau jalan yang menuju kekacauan, kemungkaran, kerusakan baik di dunia maupun di akhirat. Sebaliknya, orang-orang yang berpuasa dengan ihtisabanyang penuh kalkulasi, penuh perhitungan, dan refleksi diri secara kritis atas ucapan dan tindakannya sehingga hidayah Allah SWT menuntunnya ke lembaran baru dan semangat baru yang didasari oleh jiwa iman dan takwa sehingga dapat mengkonstruksi dalam bentuk ucapan dan tindakan yang termasuk kategori nafsu mutmainah.

 

Nafsu amarah termanifestasi dalam ucapan dan tindakan yang mau menang sendiri. Apa pun yang dikatakan dan yang diusahakan harus dituruti, walaupun ucapan dan tindakan itu nyata-nyata salah. Karena orang yang memilki nafsu seperti itu semboyannya adalah adigang, adigung, adiguna yang selalu membaggakan kedudukan, kekayaan, dan kepandaiannya atau dengan kata lain sombong (takabur). Ilustrasi ini dapat diamati bagaimana kecongkaan Abu Lahab bahwa dia mengira dengan segala usahanya akan menyelamatkannya. Realitasnya segala daya dan upaya ternyata membawa kehancuran dirinya (QS, 111:1-5).

Nafsu lawamah termanifestasi dalam ucapan dan tindakan sehari-hari untuk memperkaya diri dan keluarga atau pun dengan kelompoknya melalui cara-cara yang licik dan menjijikan. Aktualisasinafsu lawamah pada praktiknya tampak pada perilaku sebagian anggota legislatif, eksekutif, dan yudikatif yang larut dalam kubangan masalah korupsi.
Dengan cara seperti itu, orang bisa cepat kaya secara instan tanpa melalui proses usaha yang baik dan halal, walaupun merugikan orang banyak lebih-lebih merugikan kepada rakyat kecil. Orang yang yang demikan termasuk gila harta yang selalu menumpuk-numpuk harta, menghitung-hitung untuk melipatgandakan kekayaannya walaupun mencekik orang lain, mencekik rakyatnya, mencekik anak cucunya. Oleh karena itu, nafsu lawamah ini harus dikalahkan jangan sampai merusak jiwa yang sudah kembali fitrahini. Bukankah Allah SWT telah memberikan peringatan kepada orang yang beriman dan memberikan kritik yang sangat keras kepada para koruptor (QS, 104:1-9).

Nasu supiah termanifestasi dalam ucapan dan tindakan yang tercela yang disebabkan oleh tidak bisa menjaga kehormatannya. Nafsu ini hanya mencari kepuasan badaniah, utamanya bagian bawah pusar. Dengan kata lain, nafsu ini hanya berorientasi pada seksual yang tidak sesuai dengan hidayah Allah SWT. Hal ini bisa terjadi karena orang yang berperilaku seperti itu tidak bisa menjaga kemuliaan dirinya, tidak bisa menjaga kehormatannya, dan tidak bisa menjaga kelebihannya yang berupa akal pikiran. Karena perilakunya dikendalikan nafsu supiyah, maka orang yang demikian akan kehilangan akal budinya sehingga tindakannya dapat disamakan dengan makhluk berkaki empat atau bahkan lebih rendah dari itu (QS, 95:1-5).

Nafsu mutmainah sebagai jiwa yang tenang, jiwa yang fitrah, dan jiwa yang menang dalam medan pertempuran yang besar dalamjagad cilik yaitu arena peperangan yang terjadi dalam hati, pikiran, dan jiwa personal. Oleh karena itu, orang yang berperang melawannafsu amarah, nafsu lawamah, dan nafsu supiah bisa memenangkannya niscaya akan bersemayam kejayaan, kemuliaan, dan kehormatan. Orang yang demikian layak mendapatkan kebahagiaan tidak hanya di dunia, tetapi juga disediakan surga seperti yang dipersilakan Allah SWT (QS, 89: 27-30).

 

Dinamika Unair

Search

Alumni berprestasi

Ayu “Pengajar Muda” Sambang Kampus

 

Ayu Kartika Dewi, Pengajar Muda, yang direkrut Indonesia Mengajar pimpinan Anies Baswedan angkatan pertama bertugas di Halmahera Selatan sambaing kampus Universitas Airlangga. Jumat, 6 Mei 2011, bertempat di Perpustakaan kampus B, Ayu berbagi pengalaman yang dikemas dalam bentuk story telling dengan siswa SMA di wilayah Surabaya dan mahasiswa Universitas Airlangga.

Read more...

Whois online

We have 36 guests and no members online