Peran Alumni Dalam Mendukung Keberhasilan Beasiswa BIDIK MISI

Belum genap seratus hari menjabat, disela-sela pro-kontra masalah Ujian Nasional (UN), Mendiknas melalui program seratus hari, telah meluncurkan Program Beasiswa Bidik Misi. Suatu beasiswa bagi lulusan SMA/MA/SMK atau bentuk lain yang sederajat, yang berprestasi dari keluarga kurang mampu, untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi hingga lulus secara gratis. Untuk program ini Kementerian Pendidikan Nasional menyediakan dana bagi 20.000 calon penerima dari seluruh Indonesia. Program yang sangat mulia.

Dilihat dari peruntukannya, jelas beasiswa ini punya suatu misi, yaitu menghidupkan harapan bagi masyarakat tidak mampu untuk terus menempuh pendidikan sampai ke jenjang pendidikan tinggi dan menghasilkan sumber daya insani yang mampu berperan dalam memutus rantai kemiskinan.


Bagi keluarga tidak mampu, selama ini sulit memutus belitan kemiskinan yang mereka alami. Mereka bukannya tidak mau berusaha untuk itu, tapi mereka memang tidak berdaya. Segala upaya yang mereka lakukan hanya cukup untuk mendapatkan sesuap nasi agar keluarganya pada hari itu bisa makan. Anak dari keluarga kurang mampu kebanyakan putus sekolah di tengah jalan.

Padahal sebagai generasi penerus, mereka tentu punya mimpi agar suatu saat mereka bisa memutus rantai kemiskinan yang telah membelit keluarganya dari generasi ke generasi. Kiranya beasiswa ini akan dapat membantu mereka merealisasikan mimpi itu.

Sebenarnya siswa dari keluarga kurang mampu, yang sudah lulus dari sekolah lanjutan, dapat langsung terjun di dunia kerja untuk mengangkat keluarganya agar bisa hidup lebih baik. Tapi upaya itu belum cukup kuat, apa lagi untuk memutus rantai kemiskinan di keluarganya.

Karena fakta inilah, maka dibutuhkan jenjang pendidikan lebih tinggi lagi agar siswa bisa turut serta dalam memutus rantai kemiskinan. Melalui Bidik Misi diharapkan kesempatan untuk memperoleh lapangan kerja atau pun menciptakan lapangan kerja akan makin besar kesempatannya. Bukan hanya itu, Bidik Misi juga mempunyai dampak ikutan lain, berkait dengan upaya untuk meningkatkan status sosial di masyarakat.

Universitas Airlangga sebagai salah satu perguruan tinggi terbesar di Indonesia, telah ikut berperan dalam medukung beasiswa BIDIK MISI dengan menggunakan tes melalui PMDK prestasi, SNMPTN maupun PMDK untuk mahasiswa diploma. Pengelola beasiswa BIDIK MISI Universitas Airlangga telah mengirimkan surat undangan kepada Kepala Sekolah Menengah terutama di Jawa Timur, untuk mengirim siswanya mengikuti tes dalam rangka mendapatkan beasiswa BIDIK MISI.

Peran Alumni
Salah satu kewajiban alumni setelah terjun di masyarakat dimanapun mereka berada, adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar mereka. Alumni yang telah tersebar di seluruh Indonesia, baik di kota besar maupun daerah kabupaten mempunyai potensi untuk ikut memutus rantai kemiskinan di daerahnya. Hal tersebut dapat dilakukan secara sendiri, berkelompok. Akan lebih besar lagi manfaatnya kalau dilakukan melalui Ikatan Alumni Unair Wilayah.

Langkah yang bisa dilakukan alumni dalam mendukung keberhasilan beasiswa Bidik Misi antara lain: mengamati para siswa Sekolah Menengah yang sedang menempuh pendidikan di kelas terakhir, atau mereka yang baru saja mengikuti ujian nasional. Bagi mereka yang ingin masuk ke pendidikan tinggi dan memenuhi syarat bisa dibantu dicarikan informasi tentang pendaftaran untuk masuk pada perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia, baik yang berada di bawah Kementerian Pendidikan Nasional maupun Kementerian Agama.

Peran itu akan lebih mulia kalau para alumni ikut membantu mendatangkan mereka ke pergurun tinggi yang dituju oleh calon mahasiswa tersebut. Untuk semua peran ini tentunya alumni tidak harus bekerja sendiri, alumni bisa bekerjasama dengan instansi tempat alumni bekerja, Dinas Pendidikan dan/atau Pemerintah Daerah setempat.

Agar lebih jelasnya tentang beasiswa BIDIK MISI bisa diunduh di alamat: www.dikti.go.id dan/atau www.kelembagaan.dikti.go.id. Khusus untuk melihat program beasiswa BIDIK MISI yang dilakukan oleh Universitas Airlangga bisa diunduh di alamat: www.unair.ac.id (terdapat ikon Informasi Beasiswa di sebelah kanan) atau www.pmdk.unair.ac.id.

Karena beasiwa ini diupayakan dapat berlanjut untuk tahun mandatang, apabila para alumni belum sempat membantu calon mahasiswa untuk memperoleh beasiswa BIDIK MISI periode ini, tahun depan dan tahun-tahun berikutnya bantuan para alumni untuk ikut memutus rantai kemiskinan melalui program ini masih sangat diharapkan.

oleh Suko Hardjono*) Anggota Presidium IKA UNAIR dari Fakultas Farmasi

 

Dinamika Unair

Search

Alumni berprestasi

Ayu “Pengajar Muda” Sambang Kampus

 

Ayu Kartika Dewi, Pengajar Muda, yang direkrut Indonesia Mengajar pimpinan Anies Baswedan angkatan pertama bertugas di Halmahera Selatan sambaing kampus Universitas Airlangga. Jumat, 6 Mei 2011, bertempat di Perpustakaan kampus B, Ayu berbagi pengalaman yang dikemas dalam bentuk story telling dengan siswa SMA di wilayah Surabaya dan mahasiswa Universitas Airlangga.

Read more...

Whois online

We have 28 guests and no members online