Ingin Tahu Kompetensi Berbahasa Indonesia Anda?

 

Ironis sekali masyarakat akademik yang menjunjung tinggi bahasa persatuan bahasa Indonesia, kenyataan di lapangan, sebatas ilustrasi, ketika penulisan kata pengantar tulisan ilmiah, skripsi, banyak digunakan bahasa gaul. Inilah cermin kompetensi berbahasa Indonesia generasi sekarang.

Ironis, ketika bangsa Indonesia akan belajar ke luar negeri harus dituntut TOEFL dengan standar khusus, sedangkan orang/lembaga asing yang akan belajar atau bekerja di Indonesia tidak ada persyaratan standar kebahasaan (nasional). Padahal, Indonesia telah memiliki Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) yang disusun oleh Pusat Bahasa (Badan Bahasa) di Jakarta yang diimplementasikan ke daerah melalui Balai/kantor bahasa di tiap provinsi.

Untuk itu, Himpunan Pembina Bahasa Indonesia Cabang Surabaya akan melaksanakan sosialisasi dengan mengadakan tes UKBI. Tes UKBI akan dilaksnakan Sabtu 19 November 2011 di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga. Yang berminat bisa menghubungi 081615487999. Hasil UKBI dapat digunakan sebagai prediksi atau informasi awal sejauh mana komnpetensi berbahasa personal yang bersangkutan. Ingin tahu? Ikut UKBI.

 

Dinamika Unair

Search

Alumni berprestasi

Ayu “Pengajar Muda” Sambang Kampus

 

Ayu Kartika Dewi, Pengajar Muda, yang direkrut Indonesia Mengajar pimpinan Anies Baswedan angkatan pertama bertugas di Halmahera Selatan sambaing kampus Universitas Airlangga. Jumat, 6 Mei 2011, bertempat di Perpustakaan kampus B, Ayu berbagi pengalaman yang dikemas dalam bentuk story telling dengan siswa SMA di wilayah Surabaya dan mahasiswa Universitas Airlangga.

Read more...

Whois online

We have 74 guests and no members online